Headlines News :
Home » » Perjuangan Nasionalisme Pemuda Masa Kini

Perjuangan Nasionalisme Pemuda Masa Kini

Written By Unknown on Thursday 29 August 2013 | 05:41

“MERDEKA!” dengan mudah kita meneriakkannya, dengan gampang kita mengucapkannya. Namun, taukah kitaakan esensi sebuah kemerdekaan?
“Merdeka tuh nggak murah”.Kata Pak Arif Afandi yang beberapa waktu lalu diminta sebagai narasumber Kristal.Memang, tak bisa dipungkiri, kemerdekaan dapat dicapai dengan pengorbanan yang tak ternilai harganya.Setelah lebih dari tiga ratus lima pulih tahun lamanya hak kita dirampas, hak asasi ditumpas, dan warga kita pun tertindas. Akhirnya, kumandang proklamasi terdengar dengan sebuah “Perjuangan”.
Telah kita ketahui, bagaimana gigihnya perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut hak-hak nya.Betapa murninya persatuan dan kesatuan masih terjaga. Namun, setelah merdeka, apakah para pemuda masih angkat senjata?, “Pemuda atau khususnya pelajar, dapat mengisi kemerdekaan dengan belajar lebih giat. Tidak hanya itu, berlatih berorganisasipun juga.Pokoknya hal yang menumbuhkan potensi agar tergali”. Tutur Pak Arif.
Pemuda yang sering atau cenderung dalam sebuah organisasi, tanpa tersadari, dirinya telah memupuk jiwa nasionalisme.Karena dalam organisasi, kekompakan dan menghargai sesama adalah modal utamanya.Hal itu juga tercemin dalam jenis-jenis lomba dalam peringatan HUT RI.Yaitu, kesemuanya membutuhkan sportifitas,kekompakan,lapang dada dan yang terpenting arti sebuah perjuangan dalam mencapai prestasi. Tapi ironinya, para pemuda sangat jarang memikirkan hal itu.Tak bisa dipungkiri, Pemuda masakini kurang mengerti akan sebuah perjuangan, mereka hanya menginginkan kemudahan, kemewahan, dan sesuatu yang instan. Sehingga menimbulkan ketidakadaan sebuah perjuangan dalam hidup mereka.
Mari kita telaah bersama. Coba kita lihat, para saudara kita yang tinggal di frontir zone (daerah perbatasan) di negara kita. Mereka penuh dengan kekurangan. Mulai dari sarana pendidikan, penerangan sampai sarana kesehatan yang menjadi kebutuhan mutlak, merekapun masih kesulitan.
“Pelajar... marilah kita renungkan bersama. Lakukan perubahan, mulai dari yang kecil, yaitu dari diri sendiri, dan mulai saat ini.” Tutur Pak Arif kepada Crew Kristal.

#redaksi
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | PakCharis | Admin MATU
Copyright © 2011. BULETIN KRISTAL MA TAJUL ULUM - All Rights Reserved